Jumat, 07 Juni 2013

Junk Food Yang Menyehatkan

Ini Daftar "Junk Food" Penyehat Tubuh

"Makanan sampah" atau junk food sering disebut sebagai pantangan kesehatan. Makanan ini juga dituding tidak bernutrisi. Hanya penuh lemak dan gula. Tapi sebenarnya ada beberapa jenis junk food yang bila dikonsumsi secara wajar dapat memberikan manfaat sehat.

Konsumsi dalam porsi kecil bukan saja memberi kepuasan bagi penikmatnya, tapi juga menjaga tekanan darah tetap stabil dan pinggang tak melar. The Nest memberi bocoran daftar junk food yang baik:

 

1. Keripik
 "Jika ketagihan sesuatu yang asin, sebaiknya pilih keripik kentang original tanpa rasa dibanding dengan keripik yang memiliki rasa," ujar penulis buku 'Unjunk Your Junk Food Andrea Donsky'. Donsky juga menyarankan memilih merek tanpa kandungan MSG atau keripik jagung dan kedelai alami, bukan yang telah mengalami rekayasa genetik.
2. Cokelat
Camilan cokelat paling enak dan sehat adalah mengkonsumsi jenis dark chocolate dengan tambahan kacang almond. Bila alergi kacang, menyeduh cokelat bubuk dengan sedikit gula adalah pilihan cerdas untuk memuaskan hasrat akan cokelat. Plus, Anda akan menikmati antioksidan yang bermanfaat melindungi tubuh dari penyakit jantung.
 

3. Cake
Sepotong brownies atau kue cokelat ukuran sedang adalah pilihan camilan yang sehat. Dalam sepotong kue brownies ukuran 100 gram, mengandung 7 gram serat dan 5 gram protein, sehingga Anda lebih cenderung kenyang setelah memakannya.

4. Kue-kue kering
Bila ingin makan kue-kue kering, pilih kue kering dari gandum utuh atau oatmeal yang mengandung gula dan kalori lebih rendah.

5. Es krim
Menyantap es krim bukanlah sebuah dosa besar, asal tak dilakukan setiap hari dalam porsi besar. Sesekali memanjakan diri dengan es krim yogurt buah tak akan membuat ukuran pinggang melar. Satu porsi medium es krim mengandung 5 gram protein, dan 70-75 kalori yang aman dikonsumsi tanpa merusak diet.

6. Permen Ingin makan permen? pilihan permen gummy adalah hal terbaik. Sebab, permen empuk berwarna transparan umumnya terbuat dari gula murni.

 

7. Pizza
Tentunya akan sulit menahan selera begitu melihat potongan-potongan pie, tapi sekarang Anda tidak perlu menahan diri lagi. Makanan yang dicap buruk ini bisa dijadikan pilihan makanan sehat meskipun tetap mempertahankan penampilan "junk food"-nya. Tapi, seperti yang disarankan Sass, pastikan pizza Anda terbuat dari roti whole grain, virgin oil, saus tomat, banyak bawang putih, herbal dan sayuran, daging kaya protein yang rendah lemak serta produk susu rendah lemak atau tanpa keju sama sekali. Jika Anda lebih suka rasa manis, tambahkan saus dark chocolate serta potongan-potongan buah segar sebagai kreasi baru. Karena Anda bisa menambah topping sehat ke pizza Anda, ini merupakan cara yang baik untuk mendapatkan berbagai nutrisi dalam satu makanan.


8. Selai Kacang
Sekarang, tidak ada salahnya menambahkan selai kacang ke dalam roti whole garin Anda. Jika Anda menggunakan selai kacang alami, maka Anda akan terhindar dari lemak trans serta mendapatkan berbagai kandungan sehat lainnya seperti lemak-lemak tidak jenuh yang bagus untuk jantung, protein dan nutrisi termasuk vitamin B, E dan mineral seperti magnesium, tembaga, fosfor, kalium dan seng. Anda bisa makan selai kacangnya saja, atau menambah dengan buah atau sayuran segar seperti strawberry dan seledri.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhM7-s9v8wZCzG9nttLlbzu1iobrEuW9xPkpPSOuVXqU3TAGjZoYkFwZN6AeaZIj9idSiSV4JbHuSdZ6EkqLGo7hyphenhyphenbbWnjK4Vg4wb0rS9z2Jiyle96kwTEaMq3vUzkAHh4nEALC5ULNH_0/s640/junk+food.jpg

9. Keripik Kentang
Banyak yang mengira kalau menghindari keripik kentang merupakan suatu keharusan jika Anda ingin tetap sehat. Tapi menurut Sass, kudapan asin ini tidak seburuk yang Anda duga. Jika digoreng dengan menggunakan minyak sayur murni, keripik kentang akan menghasilkan lemak-lemak tidak jenuh yang justru baik untuk jantung. Selain itu, kentang juga kaya kalium, vitamin B6 dan antioksidan. "Tapi, jangan makan sekantung penuh," ujar Sass seperti dikutip situs foxnews.

10. Popcorn
Hampir semua orang menyukai kudapan satu ini, khususnya saat sedang menyaksikan film kesukaan. Tapi jangan lupa, pastikan Anda memilih popcorn yang tidak kaya dengan mentega. Menurut Sass, popcorn termasuk whole grain yang bisa membantu menurunkan berat badan, mencegah penyakit jantung, diabetes tipe 2, jenis kanker tertentu serta demensia. Selain itu, popcorn juga rendah kalori (hanya 20-25 per cangkir) serta kaya akan serat.

11. Kentang Goreng
Mungkin Anda juga pernah merasakan betapa sulitnya melepaskan diri dari makanan yang digoreng, khususnya kentang goreng. Saat ini Anda tidak perlu lagi menghindar. Tapi, pastikan Anda makan kentang yangh digoreng dengan minyak sayur murni yang akan menghasilkan lemak tidak jenuh. Selain itu, kentang goreng juga kaya akan kalium, vitamin B6 dan antioksidan. Untuk menambah nutrisi, menurut Sass, Anda bisa menambahkan perasa yang kaya antioksidan seperti rosemary atau bawang putih.

Jadi, jangan terlalu antipati dengan junk food. Meskipun ia sudah terkenal sebagai makanan yang memberikan efek negatif seperti obesitas, kolesterol tinggi atau pun hipertensi, namun dengan pengolahan dan porsi yang tepat, malah bisa menjadi makanan yang menyehatkan






Sumber: Kompas
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar