Selasa, 11 Juni 2013

Bersendawa .....!

Normalkah Bersendawa Terlalu Sering?
Tanya:
Kenapa saya sering sekali bersendawa? Padahal saya tidak dalam posisi kenyang atau sudah makan. Saat sedang lapar pun saya sering mengeluarkan sendawa. Dalam waktu 1 jam bisa 4-6 kali bersendawa. Apakah itu menunjukkan ada yang salah dengan pencernaan saya? Dan apakah termasuk normal jika bersendawa terlalu sering? Umur saya 19 tahun dengan tinggi 160 cm dan BB 60 kg. Mohon bantuannya.
Fira, 19 tahun

Jawab:
Dear Fira,

Proses bersendawa disebabkan oleh adanya gas dikeluarkan dari dalam organ lambung. Proses ini merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan gas dari lambung. Gas yang berada dalam lambung dapat berasal dari udara yang tertelan masuk ke dalam lambung atau dihasilkan dari pengolahan dan pencernaan makanan. Apabila banyaknya proses bersendawa sudah lebih dari 20 kali per hari, maka mungkin hal ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan, pola diet/makan, atau adanya kondisi/penyakit medis tertentu.

Beberapa jenis makanan seperti brokoli, kubis, minuman bersoda, kembang kol, permen karet, apel, persik, pir, dan selada, dapat menyebabkan bertambahnya produksi gas di dalam lambung. Jenis makanan yang tinggi kadar lemaknya juga akan membuat gas dalam lambung berlebihan.

Contoh kebiasaan yang bisa menyebabkan penumpukan gas di dalam lambung adalah merokok dan kebiasaan makan/minum terlalu cepat. Keadaaan psikologis seperti stress dan kecemasan juga merupakan faktor yang bisa mempengaruhi produksi gas di dalam lambung.

Apabila Anda tidak merasa memiliki faktor-faktor yang disebutkan di atas dan masih pula bersendawa berlebihan, sebaiknya periksa ke dokter. Produksi gas yang berlebihan biasanya timbul pada kondisi GERD (Gastro-esophageal Reflux Disease, Irritable bowel syndrome (IBS), intoleransi laktosa, dan berbagai macam gangguan pencernaan lainnya.

dr. JanfrionalPemeriksaan dokter menjadi sangat penting dan diperlukan terutama apabila proses bersendawanya juga disertai dengan rasa nyeri pada perut.

Semoga membantu.
dr. Janfrional
(Medical Doctor and Registered Chiropractor)

www.MeetDoctor.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar