Minggu, 14 Juli 2013

Membuat Telur Asin Masir Ala Brebes

Telur Asin Brebes dikenal enak dan berminyak kuningnya. Ketepatan bahan dan waktu pembuatan adalah kunci untuk mendapatkan telur asin yang masir (kuning yang berminyak). Sekali mencoba telur asin Brebes, biasanya orang akan kembali lagi untuk mengkonsumsinya.
 
Berikut adalah resep membuat telur asin yang masir :
Bahan yang diperlukan untuk adonan :
  1. Telur asin. Gunakan yang benar-benar bagus, artinya tidak retak atau pecah.
  2. Abu gosok.
  3. Merang.
  4. Tumbukan bata merah.
  5. Garam laut (bahasa Brebes : krosok).
  6. Bawang putih.
  7. Air bersih.
Cara pembuatannya :
  •  Telur yang masih segar atau baru datang dari peternak itik, langsung dibersihkan dengan air bersih sambil digosok menggunakan sabut kelapa agar semua kotoran yang menempel dapat dihilangkan.
  • Ulangi proses pembersihan sampai 2-3 kali agar kualitas kebersihan telur prima.
  • Adonan dicampur dengan air sampai bisa dibentuk untuk ‘membungkus’ telur itik mentah tersebut.
  • Tempatkan semua telur yang sudah dilumuri adonan tersebut ke dalam satu tempat dengan sirkulasi udara yang cukup, misalkan peti kayu.
  • Lamanya pembungkusan adalah 12 – 15 hari. Inilah yang akan menentukan hasil akhir telur asin menjadi masir.
Teknik Pemasakan
Teknik pemasakan sudah berkembang. Dahulu hanya direbus, tetapi sekarang bisa dipanggang atau dengan menggunakan oven (sering disebut telur asin panggang atau bakar).
Telur asin yang menggunakan teknik perebusan, akan menghasilkan tekstur yang basah dan lebih berair, warna kuning telurnya cenderung kuning muda. Sedangkan yang dipanggang akan lebih kesat dan kering, serta kuning telur lebih oranye dan masir. Daya simpan telur asin panggang juga lebih lama daripada telur asin rebus.
Untuk langsung melihat perbedaan telur asin rebus dan panggang, silakan mampir ke Brebes apabila melewati jalan pantura Jawa. Dijamin Anda akan ketagihan menikmatinya.
Setelah menikmati rasanya dan mencoba membuat telur asin masir ala Brebes, bagaimana kalau dikembangkan sebagai peluang mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah ? Mari kita coba !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar