Selasa, 29 Oktober 2013

French Fries alias Kentang Gorang

Resep Bumbu Kentang Goreng Lezat
Kentang Goreng Lezat

Resep 1:
Pilih kentang dengan kualitas baik, perhatikan permukaan kulitnya! Pilih kentang dengan permukaan yang mulus, tanpa warna hijau, bekas memar atau bekas busuk.
  1. Setelah dipotong-potong sesuai selera, rendam kentang dengan air es selama minimal 30 menit, air rendaman tersebut bisa Anda campur dengan garam. Jika air sudah mulai tidak dingin, masukkan es batu.
  2. Tiriskan kentang, lalu beri taburan tepung maizena, tipis saja.
  3. Jika Anda ingin langsung menggoreng, goreng dalam minyak yang panas dan merendam semua bagian kentang.
  4. Jika Anda ingin menggoreng kentang di lain waktu, masukkan kentang ke dalam plastik atau wadah, masukkan dalam freezer.
Untuk mendapatkan hasil maksimal jangan lupa taburi kentang dengan yang bisa anda beli disini
Selamat mencoba.

Resep 2
Sebenarnya resep ini iseng saja saya reka-reka sendiri. Belajar dari resep masakan lain yang coba saya ganti bahannya dengan kentang ternyata hasilnya sangat bagus. Kentang goreng jadi renyah, tidak lembek, dan yang penting ENAK.. Ingin tahu resepnya? Lihat yuukk…
kentang goreng lezat

Resep kentang goreng SPECIAL:
  • 1kg kentang (pilih yang berbentuk lonjong dan bundar, kalau varietas bisa pilih Russet Burbank seperti yang dipakai McD/KFC)
  • 2 siung bawang putih diiris tipis
  • 1 sdm garam (atau sesuai selera)
  • Air mentah/matang 500ml atau sampai seluruh kentang terendam sempurna.
  • Penyedap rasa, penambah aroma, atau perasa apa saja (misalnya masako atau cabe bubuk kalau mau pedas)
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya (tips: pakai minyak sayur biar hasilnya lebih enak)
Cara memasak:
  • Kentang dikupas kulitnya kemudian dicuci dengan air bersih dan diiris memanjang (kira-kira seperti di restoran fast food)
  • Masukkan kentang yang telah diiris ke dalam panci, campurkan garam,  bawang putih, dan air.
  • Rebus hingga air dalam panci mendidih sambil diaduk. Tiriskan kentang dan siram dengan air dingin.
  • Goreng kentang dalam minyak panas hingga hampir matang kira-kira 1–20 menit (hingga kentang mengeras, tapi jangan sampai kecoklatan) kemudian ditiriskan.
  • Diamkan kentang yang telah digoreng tersebut hingga menjadi dingin (biasanya sekitar 1 jam), taburkan bumbu/penyedap rasa (bisa juga perasa lainnya seperti cabe bubuk) kemudian masukkan ke dalam freezer.
  • Jika ingin dimasak, goreng kembali kentang tersebut sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  • Beres dech. Kentang goreng spesial siap dihidangkan panas-panas dengan sambal botolan.
Tips: sebelum disajikan, pastikan minyak yang menempel pada kentang benar-benar hilang, caranya dengan menggunakan tissue bersih yang ditempatkan di dasar mangkuk/piring agar minyaknya cepat diserap.
Kentang yang digoreng dengan cara ini lebih awet (tidak gampang lembek) dan tentunya renyah. Selamat mencoba






Resep3
Bahan Kentang

  • Kentang mentah. Ukuran besar lebih bagus
  • Tepung Terigu, recomended: lencana merah
  • Air untuk merebus kentang secukupnya
Tips dan Cara Membuat Kentang Goreng Renyah
  1. Potong kentang membentuk persegi panjang seperti yang pernah kita beli di food counter. Cuci kentang berulang-ulang hingga 4 atau 5 kali untuk menghilangkan getah yang terkandung di dalam kentang. Getah inilah yang bisa membuat kentang jadi tidak renyah dan cepat lembek atau alot setelah di goreng. Bukti bahwa getah kentang sudah hilang, maka bekas air cucian kentang tersebut terlihat bening dan tidak keruh lagi.
  2. Rebus kentang yang sudah dicuci dan bersih dari getahnya tersebut sekitar 1 sampai 2 menitan, dan angkat.
  3. Tiriskan kentang dan taburi kentang selagi panas dengan tepung terigu atau bumbu lainnya sesuai selera. Ratakan taburan tepung agar meresap dan menutupi permukaan kentang secara rata.
  4. Simpan kentang yang sudah rata di taburi tepung ini di dalam kulkas (bukan di dalam Freezer) selama satu jam sebelum di goreng. Bisa juga disimpan di freezer jika menggorengnya nanti atau dalam waktu lama.
  5. Untuk menggoreng kentang agar renyah, maka siapkan minyak yang cukup banyak dan dalam keadaan benar-benar panas. Pastikan kentang yang di goreng benar-benar seluruhnya terendam minyak untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
  6. Siap di sajikan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar