Jumat, 22 Januari 2016

Mencegah Kanker Prostat

9 Tips Mencegah Kanker Prostat 
Prostat adalah organ yang terletak di bawah kandung kemih.

VIVA.co.id - Prostat adalah organ yang terletak di bawah kandung kemih, dan fungsinya adalah untuk menghasilkan air mani. Namun organ yang satu ini sangat rentan terkena kanker yang sangat ganas.
Bahkan, Pusat pengendali penyakit Amerika (CDC) melaporkan bahwa, pria yang terkena kanker prostat tumbuh sangat tinggi. Semakin tua umur pria, semakin berisiko tinggi terkena kanker prostat.
Tidak ada cara untuk menghentikan atau mencegah kanker prostat, tetapi perubahan pola makan tertentu Anda dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Berikut adalah perubahan pola makan yang harus adopsi mulai dari sekarang.
Prostat adalah organ yang terletak di bawah kandung kemih, dan fungsinya adalah untuk menghasilkan air mani. Namun organ yang satu ini sangat rentan terkena kanker yang sangat ganas.
Bahkan, Pusat pengendali penyakit Ameika (CDC) melaporkan bahwa, pria yang terkena kanker prostat tumbuh sangat tinggi. Semakin tua umur pria, semakin berisiko tinggi terkena kanker prostat.

Scheme of Porstaat
Tidak ada cara untuk menghentikan atau mencegah kanker prostat, tetapi perubahan pola makan tertentu Anda dapat menurunkan risiko terkena kanker prostat. Berikut adalah perubahan pola makan yang harus adopsi mulai dari sekarang.

pembesaran prostat menekan uretra
Scheme of Porstaat
1. Tomat dan makanan merah lainnyaMakanan merah seperti tomat, semangka dan sebagainya mengandung senyawa likopen. Studi menunjukkan bahwa, pria yang makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan ini memiliki risiko lebih rendah terkena kanker prostat, dibandingkan mereka yang tidak.
 
2. Buah dan SayuranBuah dan sayur mengandung banyak vitamin dan suplemen, yang dapat menurunkan risiko terkena penyakit ini. Sayuran hijau membantu tubuh mengurangi penyebab utama pembentukan kanker prostat.
 
3. IkanKandungan omega 3 di dalam ikan, dapat mengurangi risiko kanker prostat. Lemak tak jenuh ini hadir dalam beberapa jenis ikan seperti sarden, makarel, trout dan salmon. University of California, Los Angeles melakukan penelitian efek lemak tak jenuh dan dampaknya pada pertumbuhan kanker prostat. Hasilnya menunjukkan bahwa, secara signifikan dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel ganas.
 
4. Kedelai dan Teh The American Cancer Society melaporkan bahwa, suplemen yang disebut isoflavon dapat menurunkan risiko tumor prostat. Anda dapat meningkatkan asupan isoflavon dengan makan makanan berikut: tahu, buncis, alfalfa, dan kacang tanah .Teh hijau juga telah dilaporkan untuk menurunkan risiko kanker prostat oleh beberapa penelitian.
 
5. Peran LemakPenelitian menunjukkan hubungan antara lemak hewani dan peningkatan risiko kanker prostat. Selain daging, Anda dapat menemukan lemak hewani dalam mentega, susu, produk susu dan sebagainya. Cobalah untuk mengganti lemak hewani dengan lemak nabati, seperti minyak zaitun.
 
6. Berhenti merokokThe American Cancer Society melaporkan bahwa, perokok memiliki kesempatan lebih tinggi terkena kanker prostat, bahkan membuatnya lebih agresif. Jika Anda seorang perokok itu tidak terlalu terlambat untuk berhenti.
 
7. Makanan yang kontroversialThe National Cancer Institute melakukan studi yang menunjukkan bahwa, kadar folat rendah dalam darah meningkatkan risiko kanker. Anda dapat meningkatkan kadar folat Anda dengan makan lebih banyak sayuran hijau, kacang-kacangan dan jus jeruk.
 
8. Pentingnya olahragaKetika Anda berolahraga, maka Anda hidup sehat. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme dan meningkatkan massa otot.
 
9. Bicarakan dengan dokter Anda Konsultasikan dengan dokter Anda, jika khawatir tentang risiko kanker prostat. Anda harus mendiskusikan hal-hal berikut dengan dokter Anda: skrining medis tesdi usia Anda, riwayat kanker keluarga, dan rekomendasi pola makan.
 
Konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami beberapa gejala berikut:  
1. Ketidaknyamanan di daerah panggul atau dubur  
2. Kesulitan buang air kecil  
3. Ada darah dalam urin atau air mani.

gambar prostat bengkak
Perbandingan porstat

 
Gambar 1. Topografi prostat dengan organ sekitar. (Sumber : http://sinoemedicalassociation.org/urosurgery/)
Topografi prostat dengan organ sekitar.

 
10 Cara untuk Mencegah Kanker Kulit
Sumber: Mr Healthy Life


Tidak ada komentar:

Posting Komentar