Sabtu, 24 Agustus 2013

Kopi Luwak Kopi yang Paling Enak di Dunia

oleh: aforlan, shvoong.com
Sampai saat ini, Kopi Luwak adalah kopi yang paling mahal di dunia ini. Secangkir kopi ini berharga $100 per cangkir di New York atau setara dengan Rp 880.000. Kalau di Indonesia secangkir kopi ini paling murah Rp 150.000,-. Kopi ini sangat enak sekali jika dibandingkan kopi lain. Luwak secara alamiah hanya memakan biji kopi yang matang. Secara alami, Luwak menhasilkan kopi terbaik. Pengusaha ada yang memburu kotoran Luwak yang mengandung kopi di hutan atau dekat perkebunan kopi. Luwak adalah binatang nokturnal yang memakan biji-bijian, buah-buahan serta daging. Binatang ini sangat berperan dalam menyebarkan bibit pohon di hutan.
Sekarang banyak pengusaha kopi memelihara Luwak dalam kandang untuk menghasilkan Kopi Luwak. Luwak yang dipelihara adalah Luwak Bulan atau Luwak Pandan. Luwak yang dipelihara dalam kandang menjadi jinak karena sudah terbiasa dekat dengan manusia.
Kandang tersebut bisa berupa kandang kayu dengan kawat sebagai dindingnya. Si Luwak hidup berpasang-pasangan dalam satu kandang.
Pakannya adalah kopi terpilih. Selain kopi pemilik luwak juga memberikan buah-buahan seperti pepaya dan pisang. Kadang si Luwak mendapat tambahan minuman susu kental manis. Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya si Luwak mendapat bekicot dengan cangkangnya.
Untuk memanen kopi, si petani akan memungut kotoran Luwak dengan kuas dan pengki. Kopi dikumpulkan dan dicuci di air yang mengalir. Kopi kemudian di jemur diterik matahari hingga kering. Biji kopi dikemas dalam karung atau tinggal diolah menjadi kopi instan.
Meski keluar dari bagian belakang, kopi ini masih terlindung biji kerasnya. Jangan khawatir dengan kebersihan kopi ini. Kopi ini halal menurut Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jangan khawatir untuk mengkonsumsi kopi ini kecuali akan membuat anda tekor karena harganya masih mahal.


1 komentar:

  1. It is evident that Kopi Luwak is bit expensive but very effective product to loss weight.It is fact that if you want to use high quality product then you have to pay more.

    Thanks
    Finn Felton

    Kopi Luwak

    BalasHapus